Membuat Silent Hill 2 PC Bisa Layar Lebar (Widescreen)

Masih terheran-heran juga, dengan banyaknya kata kunci silent hill 2 yang masuk ke blog ini. Masih adakah yang memainkan versi PC-nya? Dengan teknologi maju saat ini, harapannya game ini bisa berjalan lancar. Namun, kenyataan ternyata tidak selalu seindah impian. Silent Hill 2 berjalan di PC saat ini bisa mengalami gangguan suara. Selain itu, Silent Hill 2 berjalan di layar lebar (widescreen) saat ini, tentu saja  akan menampilkan daerah hitam di kanan kiri layar.

Silent Hill 2 bisa widescreen -jika mau berusaha sedikit

Silent Hill 2 bisa widescreen -jika mau berusaha sedikit

Sebelum tahun 2004, beberapa game tidak punya pilihan untuk setting ke widescreen atau layar lebar. Maklum monitor yang keluar pada masa itu mayoritas hanya mendukung resolusi dengan rasio 4:3 (800 x 600, 1024 x 768). Baru pada tahun 2005, keluarlah monitor layar lebar dengan rasio 16:10 ( contoh resolusinya: 1360 x 768). Karena biaya produksi ratio 16:10 lebih mahal, digantilah dengan ratio 16:9 yang populer sekarang ini. (Saya bangga masih punya monitor dengan ratio 16:10, walaupun yang saya pakai sekarang 16:9).

Tentu saja, salah satu game yang tidak punya setting untuk ke widescreen adalah Silent Hill 2. Jika Anda memainkannya di monitor resolusi 16:9, tentu Anda akan melihat daerah hitam di kanan kiri layar. Nah, bagaimana cara membuat Silent Hill 2 ini agar bisa set ke layar lebar?

Pada intinya, yang akan kita lakukan adalah mengoprek file .exe Silent Hill 2 ini, yaitu sh2pc.exe. Yang akan kita edit adalah setting resolusi di file tersebut dengan mengedit nilai hexadecimalnya. Cara ini saya peroleh di widescreengamingforum.com, tepatnya di sini. Jadi, saya hanya menarasikan ulang. Sebagai catatan, cara di Widescreengamingforum.com dilakukan terhadap Silent Hill 2 Director’s Cut. Sedangkan, saya melakukannya terhadap game Silent Hill 2 yang BUKAN Director’s Cut. Dengan demikian, asumsinya adalah mana pun versi Silent Hill 2 Anda, cara ini seharusnya bisa diterapkan. Catatan lagi, yang dioprek adalah file sh2pc.exe yang sudah di-crack (versi mana pun). Untuk masalah yang terakhir ini, silakan Anda cari sendiri.

Langkah-langkah di bawah ini adalah contoh untuk mengubah resolusi 640 x 480 (rasio 4:3) menjadi 1366 x 768 (rasio 16:9)

  1. Menujulah ke folder tempat Silent Hill 2 terinstall. Biasanya ada di C:\Program Files (x86)\Konami\Silent Hill 2
  2. Back up lah file sh2pc.exe. Copy dan paste. Ini penting, agar nanti jika edit file tidak berjalan sesuai yang Anda harapkan, Anda masih punya file aslinya.
  3. Downloadlah editor exe, misalnya XVI, di: http://www.chmaas.handshake.de/delphi/freeware/xvi32/xvi32.htm
  4. Ikuti link-nya untuk mendownloadnya. Aplikasi ini tidak perlu diinstall, cukup ekstrak (unzip), dan ia pun siap digunakan.
  5. Jalankan xvi32.exe. Klik File, pilih Open, menujulah ke folder tempat Silent Hill 2 terinstall. Pilih sh2pc.exe, dan Open, sehingga tampil seperti ini:

    Inilah rupa sh2pc.exe jika dibuka dengan Hex Editor

    Inilah rupa sh2pc.exe jika dibuka dengan Hex Editor

  6. Klik Search, pilih Find. Klik lingkaran di depan Hex String, agar nanti yang terpilih adalah string hexadecimal.
  7. Ketiklah 80020000E001 di bawah Hex String. JANGAN DICOPY PASTE! Ini adalah nilai untuk resolusi 640 x 480 (rasio 4:3), dan itu yang ingin kita ganti sekarang agar menjadi widescreen. Jika Anda ketikkan dengan benar, maka akan kelihatan menjadi 80 02 00 00 E0 01.

    Ketiklah di bagian Hex String. Ketiklah, jangan dicopy paste!

    Ketiklah di bagian Hex String. Ketiklah, jangan dicopy paste!

  8. Klik OK.
  9. Dan ketemulah ia!

    Lihat yang dilingkari merah

    Lihat yang dilingkari merah

  10. Cari tahu resolusi layar monitor Anda. Seharusnya ini adalah sesuatu yang mudah bagi Anda. Ok, sebagai contoh saja, resolusinya adalah 1366 x 768.
  11. Langkah selanjutnya adalah mencari nilai hexadecimal untuk resolusi 1366 x 768, yaitu 56 05 00 00 00 03. Anda bisa melihat tabel di akhir artikel ini untuk mengetahui nilai-nilai yang biasane dijadikan format resolusi dalam game.
  12. Gantilah 80 02 00 00 E0 01 dengan 56 05 00 00 00 03.

    Gantilah dengan resolusi yang diinginkan

    Gantilah dengan resolusi yang diinginkan

  13. Klik Save! Tutup XVI
  14. Jalankan Silent Hill 2, pada advanced option, setlah resolusinya menjadi 640 x 480. Namun karena nilainya telah kita ganti menjadi 1366 x 768, maka yang terjadi adalah tampilannya akan menjadi widescreen.
  15. Jika belum tampak widescreen (atau stretched/melar kiri kanan), tutuplah Silent Hill 2. Setelah itu, jalankan lagi. Insya Allah widescreennya sukses.

Perlu diingat bahwa widescreen ini hanya berlaku pada in-game (juga pada cutscene in game). Tampilan menu masih akan terlihat melar kiri kanan (stretched).

TABEL RESOLUSI DAN NILAI HEXADECIMALNYA DALAM GAME

Sebenarnya yang perlu Anda perhatikan cukup kolom yang berwarna biru (nilai resolusi monitor Anda) dan kolom hijau (nilai hex pada file Exe). Jika Anda perhatikan, nilai Hex pada Exe merupakan nilai hexadecimal asli yang dibalik. Jika ratio dituliskan sekaligus maka antara keduanya diberi nilai 00 00.

Tabel Resolusi

Tabel Resolusi

Contoh:

Contoh penggunaannya

Contoh penggunaannya

Mudah bukan? Saya  yakin jika monitor Anda berresolusi 1920 x 1080, Anda sudah tahu bagaimana mensetnya.

Beginilah screenshot hasil widescreen-nya:

Dark, chilling, creepy, violent, and disturbing. Sepertinya, semua sifat itu tercakup di Silent Hill 2

Sudah widescreen, kan?

Widescreen lagi

Widescreen lagi

Nah, tunggu apa lagi? Jika Anda memakai layar widescreen, segera ubah Silent Hill 2 Anda agar bisa tampil dalam format widescreen!

Advertisements